Program Bantuan Berupa Santunan Kematian Bagi Masyarakat Merupakan Bagian Dari 25 Program Unggulan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang. Dinas Sosial Kabupaten Tulang Bawang, Melalui Bidang Penanganan Fakir Miskin, Berupaya Untuk Memberikan Pelayanan Yang Transparan dan Akuntabel Terhadap Masyarakat Yang Membutuhkan Santunan Kematian, Khususnya Bagi Keluarga yang Ditinggalkan. Melalui Program Ini, Diharapkan Dapat Membantu Kesejahteraan Masyarakat Tulang Bawang Menjadi Lebih Baik.
Dasar Hukum Santunan Kematian Tertuang Dalam Peraturan Bupati Nomor 13 Tahun 2018 tentang Pemberian Santunan Uang Duka Kematian. Adapun Alur Pelayanannya Adalah Sebagai Berikut.
STANDAR PELAYANAN
Bantuan Santunan Uang Duka Kematian
Jenis Layanan |
: |
Bantuan Santunan
Uang Duka Kematian |
Nomor SP |
: |
400.9.1/346/IV.5/TB/VIII/2025 |
Tanggal Pembuatan |
: |
5 Agustus 2025 |
Tanggal Revisi |
: |
- |
Penyelenggaran Pelayanan |
: |
|
Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin |
: |
Nelia, S.Ag., M.M |
A. |
Aspek Penyampaian Pelayanan (Service
Delivery) |
|
No. |
Komponen |
Uraian |
1 |
Persyaratan Pelayanan |
Surat Keterangan Kematian dari Kepala
Kampung / Lurah dan Diketahui Camat,
FC KTP & KK, Formulir Permohonan, Akta Kematian dari Disdukcapil. |
2 |
Prosedur/ Mekanisme Pelayanan |
|
3 |
Waktu Penyelesaian |
10 s.d 30 Menit |
4 |
Biaya Pelayanan |
Tidak dipungut biaya apapun |
5 |
Pengelolaan Pengaduan |
WhatsApp : 0852-6742-3147 email : dinassosialtuba123@gmail.com Instagram : dinsos_tuba facebook : Dinas Sosial Kabupaten Tulang
Bawang |
Waktu Pelayanan |
Hari
Kerja : Senin
s/d Kamis pukul 07.30 s.d 16.00 WIB Jum’at
pukul 07.30 s.d 16.30 WIB |
|
7. |
Produk Pelayanan |
Konsultasi
Persyaratan Bantuan Sosial, Pengusulan untuk mendapatkan bantuan sosial, Uang
Santunan sebesar Rp 1.000.000 / jiwa (by process) |
B. |
Aspek Pengelolaan Pelayanan (Manufacturing) |
|
No. |
Komponen |
Uraian |
1 |
Dasar Hukum |
Ø Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang
Pelayanan Publik; Ø Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur
Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar
Pelayanan Ø Perbup Tulang Bawang Nomor 13 tahun 2018
tentang Pemberian Santunan Uang Duka Kematian Bagi Masyarakat Kabupaten
Tulang Bawang |
2 |
Sarana Prasarana/ Fasilitas |
Ruang Tunggu, Alat Tulis, Komputer, Meja, Kursi |
3 |
Kompetensi Pelaksana |
Ø
Menguasi
alur pelayanan Ø Menguasai IT Ø Kemampuan Berkomunikasi |
4 |
Pengawasan Internal |
Supervisi oleh Atasan Langsung |
5 |
Jumlah Pelaksana |
2 Orang |
6 |
Jaminan Pelayanan |
Kabid Penanganan Fakir Miskin menjamin
seluruh pelayanan yang diberikan oleh Staf di Bidang Penanganan Fakir Miskin
sesuai dengan Standar Pelayanan dan peraturan yang berlaku |
7 |
Jaminan Keamanan Dan Keselamatan Pelayanan |
Gedung dan fasilitas pendukung, termasuk
keamanannya dengan petugas keamanan di front office dan tempat parkir yang
memadai, sehingga akan memberikan rasa aman |
8 |
Evaluasi Kinerja Pelayanan |
1. Laporan Kinerja Pegawai 2. Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi
Pemerintah. |
*Seluruh Proses Pelayanan Tidak Dipungut Biaya/Gratis.